Resep Babi Rica Rica Manado

Menulis resep masakan manado ini mengingatkan saya  beberapa tahun yang lalu, kala anak saya yang saat itu sedang bertugas di Sangihe Talaud menelpon saya, memberitahukan bahwa dia akan field break (istilah libur untuk dunia pertambangan).  Dengan  seperti biasanya juga, mengorder menu kegemarannya…daaaan plus ‘bonus’ bahwa dia akan mengajak beberapa temannya untuk makan di rumah. 
Saya memang sempat bertanya menu apa yang akan disajikan, tetapi yang bersangkutan cuek aja… Katanya terserah, yang penting tolong masakin babi rica rica yang memang  salah satu menu favoritnya.  Perkara menu lain terserah saja… daging babi gak apa apa, karena teman temannya juga pada beragama nasrani.

Saat yang bersamaan pula saya memang sibuk banget di kantor, gak punya waktu banyak untuk terjun ke dapur.. manalagi saat itu hari kerja… yaa dengan waktu yang disempet sempetin, saya berusaha untuk masak babi rica rica ini. Itu saja!!!  Memasakkan menu kuliner manado lain sudah tidak punya waktu .. Dan seperti biasanya ngambil jalan pintas. mampir restoran , beli dan disajikan… gampang kan

Babi Rica Rica Manado
Begitulah.. saat mereka makan, sayapun tidak tahu obrolan apa yang menjadi pembicaraan mereka di meja makan … Lah kan gak mungkin saya nongkrong di meja makan bareng mereka..

Pas saya lagi nonton TV, tiba tiba disamperin sama anak saya. Nanya kalo babi rica rica nya masih ada sisanya. Lah .. ternyata babi laku toh :) …. Hahahhaa  jadi ketawa saya…. Koq bisa… padahal awalnya ini hanya nyiapin buat si ‘non’ anak saya.

Dan menurut anak saya, babi rica rica ini memang jadi trending topic kagetan di meja makan. Awalnya teman temannya hanya coba coba aja nyicipin masakan Manado. Dan ternyata cita rasanya cocok… Ahaaa jadi gede kepala dong saya…

Begitulah akhirnya, saya masakin dia babi rica rica lagi untuk dia bawah pulang balik ke lokasi tempat dia bekerja. Kali ini dalam kuantitas yang cukup banyak.. dan ternyata, katanya babi rica rica nya ‘selesai’ dalam satu malam, karena dikerubutin beramai ramai teman teman nasraninya yang ada di lokasi.

Yaaa begitulah ---- itu cerita anak saya..

Cerita saya hampir samaa… Kala saya menjamu teman sekolah saya yang kebetulan datang ke Manado. (saya memang bersekolah dan kuliah di Surabaya, jadi punya banyak teman yang bukan orang Manado) sebegitu lamanya kami tidak bertemu, hingga saya menjamunya makan di rumah. Tak ketinggalan juga babi rica rica ini saya sajikan bersama dengan menu masakan manado lainnya. Dan sama seperti halnya teman anak saya, temanku sangat suka dengan cita rasanya

Memang, cara saya memasak mungkin agak ‘nabrak’ aturan.. sebagaimana biasa dalam memasak masakan yang berbumbu biasanya bumbunya ditumis dulu. Tetapi versi saya lebih senang untuk tidak menumisnya. Kenapa?

Karena menurut pengamatan saya, babi  itu kandungan lemaknya sudah tinggi, jadi jika bumbunya ditumis pakai minyak goreng lagi, maka hidangan akan menjadi berminyak. Jadi, saya memang lebih mengandalkan minyak dari babinya. Jadi bumbu bumbunya matang dengan minyak babi.

Makanya,pada awal awal proses masaknya, bumbu dan dagingnya diaduk aduk dulu, selain agar bumbunya tercampur dengan baik, juga dengan diaduk aduk memancing untuk minyak babinya keluar.
Ahaa.. Ini cara saya.. selanjutnya… terserah anda… Yuk simak resep masakan Manado dibawah ini…

Resep Babi Rica Rica Manado


Bahan:
  • 500 gram daging babi
  • 1 jeruk nipis diambil airnya
  • 8 bawang merah besar dihaluskan
  • 10 buah daun jeruk (dapat diiris halus dapat juga dibiarkan begitu saja)
  • 20 cabe rawit dihaluskan atau sesuai selera
  • 3 cm jahe dihaluskan
  • 3 cm kunyit dihaluskan
  • 1/2 sdm gula pasit
  • 1 buah jeruk nipis diambila irnya untuk campuran masakan 
  • Garam secukupnya

  Cara membuat 
  •  Rendam daging babi dalam air perasan jeruk nipis sekitar 15 - 20 menit
  • Masukkan daging babi dan semua bumbu (kecuali air persan jeruk nipis untuk campuran masakan)
  • Masak dalam api sedang sampai minyak babinya keluar. Jangan dikasi air dulu
  • Jika minyak sudah keluar, kecilkan sedikit apinya, masak hingga matang
  • Bagi yang suka berkuah, dapat menambahkan aor sesuai selera
  • Jika sudah matang, masukkan air perasan jeruk nipis
  • Angkat dan siap disajikan

Catatan:
Cara memasak ayam rica rica mirip dengan cara di atas. Hanya bedanya, untuk ayam rica rica dapat ditambahkan dengan 3 sendok makan minyak goreng untuk memancing minyak ayamnya keluar.

Demikian resep memasak Babi Rica Rica Manado. Semoga berkenan



8 comments:

  1. Terima kasih , resepnya lengkap dan enak banget...
    God bless u and all family...

    ReplyDelete
  2. Makasih apresiasinya.... Masih banyak lagi masakan Manado disini.... Monggo dilihat lihat... Happy NEw year.. GBU u and family

    ReplyDelete
  3. Bayanginnya so mantabz....sy akan coba variasi tabrak cara masak...hahaha...tks share menunya...GBy

    ReplyDelete
  4. Kalo di pontianak resepnya cuman beda di jeruk nipis ganti air asam ...trus di tambah kemiri...tq bunda ..ternyata kurang lbh sama enaknya..ude q coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah dulu gak ada jeruk, pake air asam. Sama aja karena intinya kan untuk menghilangkan amis. Pake kemiri juga okee... Kemiri kan bikin gurih.... Selamat memasak...

      Delete
  5. artikel ini sangat bagus sekali. semoga makin banyak orang yang membacanya dan mengambil manfaat dari artikel ini

    IAS Group Fabrication
    Your Ktchen Equipment

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK