Resep Sate Daging Bumbu Kecap

Sate daging bumbu kecap  --Sate atau daging tusuk bakar. Sekilas hanyalah potongan daging yang ditusuk, dibumbui dan dibakar. Simple sekali kan? Tapi jenis bumbunya itu yang bikin sate ini menjadi beraneka ragam.
Bahkan dalam blog inipun saya menulis beberapa resep tentang aneka sate ini, diantaranya  Sate Babi Bumbu Manis, ada juga sate babi bumbu Manado, sate babi versi lainnya yang lazim dikenal sebagai Sate Ragey khas Manado .. Khusus untuk sate Ragey, ini memang berbahan dasar babi, dan banyak juga resep sate lainnya baik itu sate ikan dan aneka hewan air lainnya.

Resep Sate Daging Bumbu Kecap
Sate daging bumbu kecap

Untuk kali ini saya akan menyajikan resep sate daging bumbu kecap, bercita rasa manis dan lebih mengandalkan pada kesegaran daging yang dipadu dengan kegurihan margarine. Hmm versi lain lagi dari sate. Resep ini dapat diterapkan pada berbagai jenis daging merah. Dalam foto ini saya mengaplikasikannya pada daging babi. Tetapi saya juga pernah menerapkan resep ini pada daging sapi. Tetap enak dan lezatos. Resep ini tidak direkomendasikan untuk daging ayam. Menurut saya kurang nendang deh. Mending cari resep yang lain untuk sate ayam.

So, kembali lagi saya menjelaskan tips membakar sate ala keluarga kami. Menurut saya, cita rasa sate sangat mantap jika dibakar pada bara tempurung. Tetapi jika tidak ada, yaa tidak apa apa juga jika dibakar di atas kompor.. masih tetaaaap enak.Tetapi saya sarankan agar hati hati dalam mengoleskan minyak/margarine pada daging, karena jika lelehan minyaknya jatuh di tatakan panggangan sate, itu bisa menyalah loh..serem kan di tatakan bakaran sate ada nyalah api.. dan takutnya kenapa kenapa dengan gas.... hmm itu pengalaman buruk saya dalam membakar sate di atas kompor… dan selanjutnya saya bener bener trauma. Jadi sedikit sharing untuk kebiasaan saya setelah kejadian itu. Jika saya membakar sate di kompor, saya tidak mau mengoleskannya dengan minyak/margarine. Nanti saja jika satenya sudah matang dan diangkat dari kompor, baru diolesin.. Gitu deh… Sekedar berbagi pengalaman. 

Dan sekarang,.... yuuuk simak resepnya

Resep sate daging bumbu kecap

Bahan:
  • 300 gr daging has (untuk penampakan disini saya pakai daging babi, tetapi sudah pernah saya uji cobakan pada daging sapi dan tetap lezatos)
  • 2 sdm margarine
  • 4 sdm kecap manis
  • Tusukan sate
  • Garam secukupnya
  • ½ sdm air perasan jeruk nipis atau lemon cui
  • Gula secukupnya
  • Penyedap (jika suka)

Bumbu
  • 6 siung bawang putih dihaluskan
  • 1 sdm ketumbar biji. Haluskan. Disarankan untuk memakai ketumbar biji dibanding ketumbar bubuk, agar cita rasanya lebih 'nendang'

Bumbu lainnya
  • Kecap asin
  • Cabe rawit iris


Cara membuat sate daging bumbu kecap

  • Daging potong dadu, lumurkan dengan garam dan air perasan jeruk nipis/lemon cui diamkan sekitar 15 menit
  • Tambahkan margarine, kecap manis, bawang putih, ketumbar, garam, gula dan penyedap (jika suka).
  • Tusuk tusukkan daging dengan garpu agar bumbu menyerap. Diamkan sekitar 15 menit
  • Tusuk sate ke dalam tusukan sate.
  • Bakar hingga matang sambil sekali sekali dioleskan margarine. Margarine olesannya sedikit saja, hanya untuk ‘memicu’ rasa gurihnya. Tetapi hati hati ya mengoleskan margarine jika anda membakar sate di atas kompor..
  • Sajikan sate dengan kecap asin yang dicampurkan dengan cabe iris.
  • Jika ingin rasanya lebih nendang, bubuhkan sedikit air perasan jeruk. Bisa jeruk nipis atau lemon cui . Jangan banyak banyak ya, nanti terlalu asam rasanya.

Jadi deh

Simple kan?

Demikian resep sate daging bumbu kecap. Semoga menginspirasi


Enjoy and happy cooking

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Mohon komentarnya tidak mengandung unsur SARA, SEX dan POLITIK